Skip to main content

Pengenalan Hidroterapi, Indikasi dan Jenis - jenis aplikasi Hidroterapi

PENGERTIAN

        Hidroterapi adalah  perawatan yang menggunakan air untuk tujuan kesehatan, misalnya menghilangkan nyeri atau untuk menyembuhkan luka. kolam renang,whrilpool dan hubbard tank (tangki yang memungkinkan penderita untuk merendam seluruh tubuhnya  di dalam air) adalah contoh beberapa alat yang di dapat di pergunakan untuk melakukan hidroterapi.

keuntungan penggunaan hidroterapi:

1. Mengurangi nyeri dan kekakuan otot.
2. Menambah relaksasi otot.
3. Menambah kebugaran pada saat melakukan olahraga dan aktivitas lainnya.
4. Memepercepat penyembuhan.

          Pada hidroterapi terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan. sebagai contoh adalah banyaklah fasilitas kesehatan holistik yang menyediakan layanan hidroterapi, seperti damp body wraps dan facial douches. teknik kadang dinyatakan sebagai pelengkap dan perawatan altrernatif untuk semua jenis nyeri dari varises vena hingga migren, dan kadang tanpa di landasi oleh ilmu pengetahuan yang jelas. colon hydroteraphy (juga dikenal sebagai high colonic, high enema atau colonic irrigation) dipasarkan sebagai media penyembuh untuk berbagai kondisi. walaupun demikian, organisasi seperti American Cancer Society memperingatkan bahwa colon hydroteraphy tidak didukung dengan bukti ilmu pengetahuan yang jelas dan dapat membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan infeksi.


INDIKASI HIDROTERAPI

    hidroterapi diindikasikan pada berbagai keadaan seperti :

        - Nyeri kepala

        - Carpal Tunnel Syndrome

JENIS APLIKASI HIDROTERAPI

     Terdapat beberapa tipe hidroterapi yang meliputi :

        - Kolam renang

        - Hubbard Tank

        - Whrilpool

        - Sitz bath

        - Sauna



Kolam Renang
      kolam renang dapat dipergunakan untuk melakukan terapi pengurang nyeri. terapi kolam renang dapat berupa kegiatan renang ataupun tanpa renang. terapi ini sangat bermanfaat bagi penderita karena tekanan dari air mengangkat tubuh dan mengurangi efek dari gravitasi. Hal ini menyebabkan penderita yang mengalami nyeri dapat melakukan olahraga Low-impact yang memiliki sedikit gesekan antara sendi. Tekanan dari air juga menyebabkan penderita dapat memaksimalkan gerakan dengan lebih mudah. Pada saat yang bersamaan, air memberikan hambatan yang mampu membangun kekuatan dan ketahanan.

Hubbard Tank
    Teknik ini memungkinkan penderita merendam seluruh tubuh nya di dalam air dengan pengaturan suhu. pemanasan dapat dipergunakan untuk meningkatkan suhu air dan meringankan sakit,seperti nyeri lengan,nyeri bahu,nyeri kaki, dan nyeri punggung. Pemanasan dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga menambahkan sirkulasi. Hubbard Tank  berguna untuk memanaskan tubuh penderita, karena suhu dapat diatur dan cairan elektrolisa dapat ditambahkan kedalam air.


Whrilpool
       bentuk terapi ini melibatkan panas, air bercampur larutan yang dapat memudahkan penyembuhan sprain, gangguan sumsum tulang belakang dan pengelupasan jaringan otot yang sudah mati, tidak berfungsi atau terkontaminasi. Pada whirlpool, air diputar sehinga menghasilkan gelembung. Gelembung - gelembung yang ada di wrilpool merupakan gabungan air hangat dan udara yang akan memijat tubuh dan membantu relaksasi otot. 
 

Sitz Bath
        sitz bath merupakan tangki yang di pergunakan untuk merendam sebagian tubuh, dan dapat terdiri dari beberapa kompartemen. Biasanya penggunaan dilakukan dengan jalan penderita duduk di sebuah tub dengan air menutupi pinggang. sitz bath dapat digunakan untuk mengatasi kondisi seperti:
       -Nyeri lumbar
       -Nyeri pelvis
       -Prostatitis atau testikular


Sauna(Mandi Uap)
         sauna merupakan ruangan yang berisi uap air hangat sehingga pada dasarnya merupakan gabungan dari Hidroterapi dan Termoterapi. terapi ini dianjurkan untuk kondisi sakit yang tidak terlalu berat seperti strain punggung  atau untuk menghilangkan stress.

RISIKO HIDROTERAPI
          Hidroterapi secara umum sangat aman bila di lakukan di bawah pengawasan atau tuntunan dari terapis.   
sumber : fisioterapi olahraga dr Novita Intan Arovah, MPH

Comments

Popular posts from this blog

DEFINISI TERAPI LATIHAN

               Terapi latihan adalah gerakan tubuh,posture, atau aktivitas fisik yang dilakukan secara sistematis dan terencana guna memberikan manfaat bagi pasien atau klien untuk :       - Memperbaiki atau mencegah gangguan.       - Meningkatkan, mengembalikan, atau menambah fungsi fisik.       - Mencegah atau mengurangi faktor resiko terkait kesehatan       - Mengoptimalkan kondisi kesehatan,kebugaran atau rasa sejahtera secara keseluruhan          Efek menguntungkan terapi latihan bagi individu dengan kondisi kesehatan dan gangguan fisik terkait yang sangat beragam di catat secara luas dan dalam literatur ilmiah dan dibahas pada setiap buku ini.program terapi latihan  yang di rancang oleh fisioterapis bersifat individual sesuai kebutuhan khusus tiap - tiap pasien atau klien. sumber: Terapi latihan dasar dan teknik vol: 1 edisi 6

KYOKUSHIN | Ini dia Sejarah the Godhand atau Masutatsu Oyama Founder Kyokushinkai yang dapat Mengalahkan Banteng dengan Tangan Kosong.

Kyokushin adalah aliran yang sangat terkenal baik di dalam maupun di luar Jepang, serta turut berjasa mempopulerkan Karate di seluruh dunia, terutama pada tahun 1970-an. Aliran ini didirikan oleh Sosai Masutatsu Oyama. Nama Kyokushin mempunyai arti "Kebenaran Tertinggi". Aliran ini menganut sistem full-contact kumite, yakni tanpa pelindung, untuk mendalami arti yang sebenarnya dari seni bela diri karate serta melatih jiwa/semangat keprajuritan (budo). Aliran ini juga menerapkan hyakunin kumite (kumite 100 orang) sebagai ujian tertinggi, dimana karateka diuji melakukan 100 kumite berturut-turut tanpa kalah. Sosai Oyama sendiri telah melakukan kumite 300 orang. Dan adalah umum bagi praktisi aliran ini untuk melakukan 5-10 kumite berturut-turut. Sejarah Kyokushin didirikan oleh Sosai Matsutatsu Oyama yang dilahirkan pada tanggal 12 Juli 1923 di Qa Ryong Ri, Yong Chi Myo’n, Chul Na Do, Korea Selatan. Dilahirkan dengan nama Young Li (Hyung Ye), tetapi setelah